Bentuk Komitmen Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Desa Pasir Emas Bangun Gedung BumDes

INDRAGIRI HILIR - Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan desa, telah dilakukan peletakan pancang pertama pembangunan gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sirmas Lancang Kuning.

Kegiatan yang digelar pada tanggal 11 Januari 2020 lalu ini, disejalankan dengan serah terima jabatan Kepala Desa (Kades) Pasir Emas, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) untuk masa jabatan 2019-2024.

Terkait dengan struktur pengurus/pengelola BUMDes Sirmas Lancang Kuning, telah dilantik dan dikukuhkan secara bersama-sama dengan 11 desa lainnya di Kecamatan Batang Tuaka, yang dilakukan pada tanggal 3 Agustus 2019 oleh Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Inhil.

Adapun Unit Usaha yang dijalankan oleh BUMDes Sirmas Lancang Kuning hingga saat ini, yakni Unit Usaha Depot Air Minum, yang melayani kebutuhan air masyarakat setempat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil melalui Dinas PMD sangat setuju dan mendukung jalannya Unit Usaha Depot Air Minum tersebut.

Kadis PMD saat itu berharap agar ke depan BUMDes Sirmas Lancang Kuning dapat menambah unit-unit usaha lainnya, seperti Unit Usaha Air Bersih.

"Gunakan Dana Desa atau Bantuan Keuangan (Bankeu) sebagai penyertaan modal untuk Bumdes. Itu tidak menyalahi, karena DMIJ kita ini Plus Terintegrasi. Jadi semua dinas ikut terkait," terangnya.

Pemasangan pancang pertama pembangunan gedung BumDes Sirmas Desa Pasir Emas Kecamatan Batang Tuaka
Pemasangan pancang pertama pembangunan gedung BumDes Sirmas Desa Pasir Emas Kecamatan Batang Tuaka