BumDes Karya Mandiri Berdayakan Masyarakat dan Potensi Desa menuju Masyarakat yang Maju, Jaya, Sejahtera

INDRAGIRI HILIR - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Mandiri, Desa Lahang Baru, Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dalam membangun masyarakat berupaya memberdayakan masyarakat sendiri, dengan pendekatan operasional menuju masyarakat yang maju, jaya dan sejahtera.

Dengan visi memberdayakan masyarakat yang mempunyai perekonomian maju, jaya dan sejahtera serta misi memberikan pelayanan kepada masyarakat, menggerakkan perekonomian desa, memberikan kontribusi terhadap pendapatan desa dan menciptakan lapangan kerja ini, pembentukan BUMDes Karya Mandiri bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa, berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi desa, memperluas pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, termasuk membuka kesempatan berusaha bagi masyarakat.

Resmi berdiri melalui Peraturan Desa (Perdes) Nomor : 01 tahun 2011 Tanggal 10 Januari 2011, BUMDes Karya Mandiri melaksanakan kegiatannya di Jalan Abdul Gani Hasan Desa Lahang Baru.

Adapun kegiatan usaha yang sedang berjalan saat ini, yaitu Unit Usaha Simpan Pinjam berupa layanan tabungan dan peminjaman, serta Unit Usaha Layanan Jasa Keuangan/Link BNI yang melayani pembukaan rekening, pengiriman uang, tarik tunai, setor tunai, pembayaran kredit, jual token listrik, pulsa handphone dan multifinance.

Sedangkan kegiatan usaha yang rencananya akan dikembangkan BUMDes Karya Mandiri ke depan, yakni Unit Usaha Dagang yang menjual alat-alat pertanian, bibit, racun dan kebutuhan pertanian lainnya.

Terkait pengelolaannya, dilakukan oleh pengurus yang telah ditetapkan melalui Keputusan Kepala Desa Nomor : Kpts.04/LB/I/2011 Tanggal 18 Januari 2011 Tentang BUMDes, yang terdiri dari Penasehat/Komisaris Abdul Rahim, Direktur Linda Wati, Sekretaris Ahmad Saprudin, Bendahara Januarita, Kepala Unit Usaha Simpan Pinjam Hengky Saputra, Kepala Tata Usaha Muhammad Taher, Kepala Unit Usaha Layanan Jasa Keuangan/ Link BNI Wahyuni Utami Putri dan Ketua Unit Usaha Dagang Rusnawi. Sedangkan Pengawas diketuai oleh Sudarmo dan Wakil Ketua H Abdul Hamid Usman.

Untuk diketahui, potensi perekonomian di Desa Lahang Baru adalah di bidang perkebunan kelapa, pucuk nipah dan berbagai macam olahan sagu.

BumDes Karya Mandiri laksanakan musyawarah desa pertanggungjawaban tahunan, tahun buku 2019.
BumDes Karya Mandiri Desa Lahang Baru laksanakan musyawarah desa pertanggungjawaban tahunan, tahun buku 2019.
BumDes Karya Mandiri Desa Lahang Baru laksanakan musyawarah desa pertanggungjawaban tahunan, tahun buku 2019.
Pengurus BumDes Karya Mandiri Desa Lahan Baru saat Berfoto Bersama