Riau

Seniman Mancanegara Dijadwalkan Ramaikan Festival Teater Islam Dunia I

Pekanbaru - Abdurrab Foundation bekerjasama Susiana Tabrani Convention Hall, PTID (Pertubuhan Teater Islam Dunia) dan Panggung Toktan akan mengadakan Festival Teater Islam Dunia I, 13-17 Desember 2019. Iven internasional yang dilaksanakan di Susiana Tabrani Convention Hall ini menghadirkan seniman, akademisi dan peminat seni teater Islam dari mancanegara dan nasional. Seperti Malaysia, Brunai Darussalam, Palestina, Australia, Bengkalu, Pelembang, Kalimantan dan daerah lainnya. 

Koordinator RAB Khairul Ashdiq didampingi Humas Universitas Abdurrab Rahmat menjelaskan iven Festifal Teater Islam Dunia ini sebagai bentuk untuk mensyiarkan Islam melalui teater. Ini sejalan dan relevan dengan RAB values Rabbani Amanah Beradab (RAB) yang diperjuangkan Yayasan Abdurrab. Nilai RAB dibuatkan turunan pembentukan atmosfir di semua institusi di bawah Abdurrab Foundation dan secara khusus akademik di bawah institusi pendidikan Abdurrab Foundation.

"Bersamaan juga akan dilaksanakan peresmian Susiana Tabrani Convention Hall yang menjadi ballroom universitas terbesar satu-satunya di Riau. Berkapasitas 2000 orang bisa dimanfaatkan untuk wisuda, konferensi, seminar yang akan menjadi income kampus ke depan," jelasnya. 

Loading...

Khairul menyebutkan teater sebagai salah satu cabang dari kegiatan seni adalah diantara kegiatan dan program di bawah Abdurrab Foundation. Dalam sejarah dakwah Islam di dunia dan secara khusus di alam Melayu, kegiatan dalam cabang seni adalah diantara tools yang dipakai. Kebanyak ulama juga seorang penulis nazham dan sajak yang handal.

"PTID sebagai sebuah sarana membawakan kegiatan Teater mengikut nafas Islam adalah satu program positif yang relevan dengan RAB values yang kita perjuangkan. Peranan kita tentunya menjembatani pandangan-pandangan Islam mengenai seni dan secara khusus drama mengacu kepada patron yang betul dan ini semoga kita realisasikan dalam rangkaian kegiatan tersebut," ulasnya.

Pembina Abdurrab Foundation Dr dr Susiana Tabrani menambahkan Abdurrab Foundation merupakan sponsor iven Festival Teater Islam Dunia. Kolaborasi internasional melalui perhelatan Festival Teater Islam Dunia I. Banyak pertunjukkan yang bisa disaksikan pada 13-17 Desember nanti.

"Mulai dari pertunjukkan teater Islam dari berbagai negara, musikalisasi puisi, duskusi panel pertunjukkan teater Islam, kolokium perumusan teater Islam, lomba hadroh, nasyid dan musikalisasi puisi. Peragaan menenun songket Riau, bazar makanan halak, penampilan monolog dan perawagaab busana muslim dan muslimah. Silahkan datang dan saksikan acara terbuka untuk masyarakat umum," kata Susiana.


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video