Riau

Dr Aleksis Imbau Masyarakat Rutin Olahraga Cegah Covid19

Ilustrasi. Sumber Foto: Alenia.id

Indragiri Hilir - Ketua Tim Medis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), dr Aleksis mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara rutin berolahraga guna mencegah penularan Covid-19.

Menurut dr Aleksis, olahraga secara rutin adalah upaya menjaga kebugaran tubuh. Hasilnya, imunitas akan terjaga atau daya tahan tubuh semakin baik.

"Secara teoritis, jika seseorang dalam kondisi imunitas yang baik terpapar virus maka, sesorang tersebut tidak gampang sakit bahkan virus cepat dieliminasi dari tubuh sehingga paparannya akan singkat. Begitu pula dengan paparan dari Covid-19," papar dr Aleksis, Rabu (11/11/2020) melalui keterangan tertulis.

Loading...

Imunitas yang baik karena tubuh yang bugar, diungkapkan dr Aleksis, memungkinkan seseorang yang terpapar virus tidak lama menjadi carrier atau pembawa virus.

"Dari situlah logika berpikir dan teori memperkirakan bahwa penularan virus akibat paparan akan berkurang terhadap seseorang, termasuk pula Covid-19 yang juga merupakan sebuah virus," jelas dr Aleksis.

Dr Aleksis tidak merinci seberapa efektif aktifitas berolahraga dalam kaitannya untuk mencegah Covid-19 jika dibandingkan dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak bahkan mengonsumsi vitamin.

Kendati demikian, dr Aleksis menyarankan agar masyarakat dapat menerapkan ketiga hal tersebut, 3M yang ditunjang dengan konsumsi vitamin dan berolahraga secara rutin.

"Secara data sih belum ada persentase ukuran efektifnya dalam kaitan dengan Covid-19 karena belum ada yang benar-benar mengukur dan membandingkan. Tapi, menurut pemikiran dan literatur, olahraga sangat efektif meningkatkan imunitas," ungkap dr Aleksis seraya mengatakan, pada prinsipnya olahraga tidak secara langsung berperan sebagai pencegah transmisi virus di samping penerapan 3M.(fm)


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video