Riau

Bupati Inhil HM Wardan Mendukung Penuh Terbentuknya Lembaga Perkelapaan Nasional

RIAUPEDIA.COM - Sebagai salah satu Ketua Koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK), Bupati Inhil HM.Wardan, MP menghadiri sekaligus memberikan Pemaparan tentang Perkelapaan didepan Deputi koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Perkonomian Republik Indonesia pada acara Rapat Koordinasi yang dilaksanakan diHotel Pullman Jl.HM.Thamrin No.9 Gondangdia Jakarta Pusat, Senin (28/3/2022). 

Rapat Koordinasi yang dihadiri kepala daerah penghasil kelapa se-Indonesia dan berbagai Asosiasi Perkelapaan ini memberikan Pemaparan tentang Perkelapaan serta rencana terbentuknya suatu Kelembagaan yang menangani masalah Kelapa skala Nasional, disambut Positif oleh Kemenko Perekonomian melalui Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Dr. Ir. Musdhalifah Machmud, M.T. dalam rangka mendorong percepatan pengembangan kelapa Nasional. 

Deputi Kemenko Perekonomian RI Bidang Koordinasi pangan dan Agribisnis mengharapkan kepada daerah penghasil kelapa untuk betul-betul mampu memasarkan komiditas kelapa di Dunia Internasional. Mengingat masyarakat dan ekonomi kita tergantung kelapa. 

Loading...

Pada kesempatan tersebut, Bupati HM.Wardan menyampaikan kondisi terkini perkebunan kelapa di Inhil. Untuk itu, bupati menawarkan satu konsep penataan kebun kelapa yang khas. Karena, Inhil terkenal sebagai daerah pasang surut dan daerah yang bergambut.

Bupati juga menyampaikan bahwa kabupaten Indragiri hilir merupakan Kabupaten Hamparan Kelapa Dunia. Karena lebih dari 80% masyarakat Inhil mengantung harapannya kepada kelapa. Jika Usulan dibentuknya suatu Kelembagaan yang menangani tentang Perkelapaan secara Nasional dapat disetujui, maka kesejahteraan petani kelapa dapat diwujudkan.

"Kelapa merupakan pohon kehidupan, karena 80 persen masyarakat Inhil bergantung kepala kelapa, Kabupaten Indragiri hilir Mendukung Penuh terbentuk Suatu Lembaga Nasional Yang menangani Perkelapaan,"ucap Bupati Inhil HM Wardan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati HM.Wardan menerima PIN Asosiasi Petani Kelapa Nusantara dari Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Dr. Ir. Musdhalifah Machmud, M.T.

Turut mendampingi Bupati pada Acara tersebut Kadis Perkebunan, Kadis Tanaman Pangan Peternakan dan Holtikultura serta Kepala Dinas Perdagangan dan perindustrian Kabupaten Indragiri hilir.


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video