Riau

Wajib Kamu Coba, Kuliner Tapai Ketan Hijau Khas Kabupaten Indragiri Hilir

Tapai Ketan Hijau makanan khas Indragiri Hilir.

TEMBILAHAN - Berbicara tentang kuliner di Riau memang tidak akan ada habisnya. Di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang dikenal dengan sebutan negeri hamparan kelapa dunia ini misalnya. Di Inhil ada makanan yang dinamakan Tapai Ketan.

Ada dua jenis tapai ketan ini, yaitu tapai ketan hijau dan hitam.  Akan tetapi, tapai ketan hijaulah yang unggul atau paling banyak disukai.

Seperti namanya, kuliner tapai ketan hijau ini memiliki bahan dasar dari ketan yang kemudian diberi pewarna alami dari bubuk daun katuk atau sering disebut pucuk katu sebagai pewarnanya.
Untuk proses pembuatan tapai ketan hijau ini lumayan sulit, karena melalui beberapa tahap. Yaitu difermentasi selama 2 sampai 3 hari di dalam daun pisang sebagai pembungkusnya. 22/05/2021

Loading...


Dikutip dari laman bertuahpos, yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan tapai ketan hijau ini, semua alat yang digunakan dalam pembuatannya memang harus benar-benar bersih. Kalau tidak tapai yang dibuat akan tidak jadi atau mengalami kegagalan dalam pembuatannya.

Rasa tapai ketan hijau ini manis dan enak. Hampir setiap rumah warga yang ada di Inhil biasanya menyediakan tapai ketan hijau ini pada saat hari raya idul fitri dan hari raya idul adha. Akan tetapi hari-hari biasanya juga dijual di pasar-pasar di kota seribu parit ini.


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video