Kuliner

Hamparan Tatak, Kue Khas Banjar Sangat Diminati di Indragiri Hilir

Kue Hamparan tatak makanan khas banjar yang sangat nikmat.

INDRAGIRI HILIR - Bagi masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir pasti tidak asing lagi dengan kue Hamparan Tatak, kue berbahan dasar tepung terigu, santan dan pisang ini, bisa dengan mudah kamu jumpai di Kota Tembilahan.

Rasa gurih dan tekstur yang lembut pasti membuat kamu ketagihan menikmati kue ciri khas suku banjar Kalimantan tersebut. Cita rasa yang dapat kamu nikmati dari kue yang sekilas mirip dengan nagasari ini adalah manis dan lembut.

Di kota Tembilahan kamu bisa membeli kue Hamparan Tatak di simpang 4 lampu merah M Boya atau bisa kamu cari di pasar-pasar tradisional di kota Tembilahan.

Loading...

Proses pembuatan yang terbilang mudah kue Hamparan Tatak bisa kamu buat sendiri dirumah dengan bahan yang perlu disediakan di antaranya:

Bahan lapisan bawah
1. 8 buah pisang raja
2. 200 gram tepung beras
3. 100 gram gula pasir
4. 500 ml santan cair
5. 1/2 sdt garam
6. 1 sdt vanilli
7. 2 lembar daun pandan

Bahan-bahan lapisan atas:
1. 70 gram tepung beras
2. 200 ml santan kental
3. 1/2 sdt garam

Proses pembuatan
Masukkan santan cair ke dalam panci bersama gula, garam, dan 2 lembar daun pandan yang disimpulkan. Rebus bahan-bahan tersebut sampai larut dan mendidih.

Siapkan wadah, lalu taruh tepung beras dan vanilli. Tuang rebusan santan yang masih panas sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan seperti bubur sum-sum. Ambil 3/4 adonan tersebut dan tuangkan ke dalam loyang yang terlebih dahulu olesi minyak goreng agar tidak lengket, kukus selama 15 menit.

Selanjutnya, Adonan tepung beras yang tersisa bisa kamu campurkan dengan pisang yang sebelumnya telah dipotong kecil-kecil. Kemudian aduk rata adonan yang sudah dicampurkan pisang.

Setelah 15 menit, ambil kukusan adonan pertama lalu tuang adonan pisang ke dalam loyang lagi. Kukus lembali selama 15 menit.

Membuat lapisan atas
Campurkan santan kental, tepung beras, dan garam ke dalam panci. Rebus ketiga bahan tersebut hingga mendidih yang ditandai dengan munculnya letupan buih.

Aduk adonan untuk memastikan tepung beras tidak menggumpal. Jangan lupa mematikan kompor terlebih dahulu ya.

Adonan lapisan atas yang sudah dibuat bisa kamu tuang di atas kukusan lapisan pisang. Kukus kembali selama 20 menit.

Setelah 20 menit, angkat amparan tatak pisang yang sudah matang. Biarkan dingin terlebih dahulu, sehingga mudah dipotong dan dapat kamu nikmati.


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video