Riau

Kampung Berseri Astra, Bupati Inhil Optimis Buka Peluang Peningkatan Ekonomi Petani Kelapa di Inhil

Bupati Inhil HM Wardan saat memberikan sambutan

Riaupedia.com - Bupati Inhil HM Wardan optimis program Kampung Berseri Astra di Kabupaten Indragiri Hilir membuka peluang bagi peningkatan ekonomi masyarakat, terutama para petani kelapa. 

"Mudah-mudahan program yang dibuat PT Astra ini benar-benar memberi peluang bagi masyarakat di pedesaan di Inhil, dalam meningkatkan ekonominya," ungkap Bupati HM Wardan dalam kegiatan Seremoni Donasi Bantuan dan Ekspor Perdana Produk Unggulan Desa Sejahtera Astra Kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu (12/10/19) di salah satu hotel di Kota Batam, Kepulauan Riau. 

Atas nama Pemkab Inhil, Wardan menyampaikan terima kasih atas upaya PT Astra, Kemendes PDTT dan Kementerian Keuangan yang telah berkolaborasi dalam kegiatan program Kampung Berseri Astra ini, sehingga dapat berjalan dengan baik di Kabupaten Indragiri Hilir. 

Loading...

Disebutkan, dalam upaya pemberdayaan dan penguatan ekonomi masyarakat desa, maka Pemkab Inhil pada tahun ini menitikberatkan pada pembangunan ekonomi pedesaan,  melalui wadah Badan Usaha Milik Desa (BumDes). 

"Pada tahun ini, 197 desa di Kabupaten Inhil saat ini sudah berdiri BumDes. Diharapkan, BumDes inj berjalan sehat," katanya. 

Head of Environment & Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah menyampaikan, sebagai perusahaan publik yang sudah go internasional, PT Astra mempunyai keinginan agar keuntungan yang didapat bisa kembali ke masyarakat, dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) . 

"Dalam hal ini ada empat pilar PT Astra, yakni dalam bidang pendidikan, kesehatan, pelestarian lingkungan, keselamatan kerja, serta pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM). Untuk Inhil kita akan menerapkan pilar pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM)," ujarnya. 

Ditambahkan, dalam CSR ini, PT Astra memfokuskan pada pendidikan dan pelatihan, pendampingan petani dan penguatan kelembagaan BumDesa, serta bantuan peralatan untuk pengolahan produk unggulan, yakni kelapa. 

"Kami juga akan mencarikan pangsa pasar atas produk unggulan yang dihasilkan dari program ini, " cetusnya. Dikatakan, PT Astra sejak beberapa tahun lalu sudah menjalankan program ini di beberapa desa di Kabupaten Inhil. Untuk dua tahun kedepan, ada 10 desa di Inhil yang dimasuki program Kampung Berseri Astra ini. 

Sedangkan Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Samsul Wibowo menyambut baik kegiatan kemitraan antara PT Astra dan Pemkab Inhil ini dalam upaya penguatan ekonomi masyarakat di pedesaan, khususnya di Kabupaten Inhil. 

"Kami mempunyai komitmen mendukung kegiatan PT Astra ini," Samsul Wibowo. 

Kegiatan Seremoni Donasi Bantuan dan Ekspor Perdana Produk Unggulan Desa Sejahtera Astra Kabupaten Indragiri Hilir ini, dihadiri juga CEO Inacom Mochammad Nasrulyani, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Inhil Yulizal, Kadis Perindag Dhoan Dwi Anggoro, Kadis Perkebunan Eddywan, Kepala Bappeda T Jauhari, Kadis Kominfo HM Taher, Kabag Keuangan Setdakab Inhil Wanhar, para pengusaha dan petani kelapa dari 10 desa sasaran program Kampung Berseri Astra.


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video