Galeri Foto

BUMDes Bina Lestari Desa Lahang Hulu Kini Miliki Berbagi Unit Usaha

INDRAGIRI HILIR - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Lestari Desa Lahang Hulu, Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berkomitmen, untuk terus berkontribusi dalam pembangunan daerah dan peningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Berdiri dari hasil Musyawarah Desa tentang Pembentukan BUMDes dan Peraturan Desa (Perdes) yang diterbitkan pada tanggal 30 Maret 2016 lalu ini, BUMDes Bina Lestari menjalankan unit usahanya di Jalan Kesehatan Desa Lahang Hulu.

Adapun jenis kegiatan usaha yang sedang berjalan saat ini, yaitu Unit Usaha Simpan Pinjam yang memberikan pinjaman dan menerima simpanan masyarakat, serta Unit Usaha Pengolahan Air Terpadu yang melayani air gallon isi ulang dan air layak pakai untuk mandi/cuci.

Sedangkan kegiatan usaha yang rencananya akan dikembangkan, yakni Unit Usaha Kelapa Terpadu (kopra, arang tempurung, serat panjang kelapa/cocobristle,serat pendek kelapa/cocofiber, serbuk kelapa/cocopeat, nata coco), Unit Usaha Pembiayaan (simpan pinjam, token listrik, pulsa, transfer, pembayaran kredit), Unit Usaha Pengolahan Air Terpadu (air gelas kemasan), Unit Usaha Penjualan/Perdagangan (penjualan LPG, penjualan material/produk, pertanian/perikanan, penjualan sembako), Unit Usaha Transportasi (kapal pengangkutan hasil perkebunan, speedboat umum dan carteran), serta Unit Usaha Wahana Anak-anak (jasa sewa mainan mobil dan sepeda motor, rumah balon).

Untuk struktur kepengurusan BUMDes Bina Lestari, terdiri dari Direktur Abdul Rabbi, Sekretaris Hendriono dan Bendahara Muryono. Kemudian, Ketua Unit Usaha Simpan Pinjam Rosmarina, Tata Usaha Weni Anasari, Kasir Wina dan SAK Hajeral Endang N. Sedangkan Unit Usaha Pengolahan Air Terpadu, kepengurusannya untuk sementara ditangani oleh pengurus BUMDes hingga unit usaha tersebut berjalan normal. Selanjutnya, Pengawas diketuai oleh Abdul Rachman, Wakil Ketua Ali Aman.

Untuk diketahui, potensi perekonomian yang ada di Desa Lahang Hulu, diantaranya Kelapa Lokal, Kelapa Sawit dan Pinang.

BumDes Bina Lestari Desa Lahang Hulu Gelar Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahun Buku 2019

BumDes Bina Lestari Desa Lahang Hulu saat melaksanakan Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahun Buku 2019

BumDes Bina Lestari Desa Lahang Hulu saat melaksanakan Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahun Buku 2019

BumDes Bina Lestari Desa Lahang Hulu saat melaksanakan Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahun Buku 2019

Penyerhan Doorprize kepada nasabah BumDes Bina Lestari Desa Lahag Baru

Penyerhan Doorprize kepada anggota BumDes Bina Lestari Desa Lahang Hulu

Pengurus BumDes Bina Lestari Desa Lahang Hulu saat berfoto bersama


Video