Galeri Foto

Jalankan 2 Unit Usaha, BUMDes Tunas Jaya Berikan Kontribusi Bagi Pembangunan Ekonomi Masyarakat dan Desa

INDRAGIRI HILIR - Dengan 2 unit usaha yang dijalankannya, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tunas Jaya Desa Teluk Tuasan, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS), Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) terus berupaya memberikan kontribusi bagi pembangunan serta peningkatan ekonomi masyarakat dan desa.

Berdiri dari hasil Musyawarah Desa (Musdes) tanggal 23 Desember 2018 dan ditetapkan dalam Peraturan Desa (Perdes) Nomor : 21/Pemdes-TT/XII/2018 Tanggal 24 Desember 2018 Tentang Pengurus BUMDes Tunas Jaya, pengelolaannya dilakukan dan dipusatkan di Jalan Hamdan RT 02 RW 01 Desa Teluk Tuasan.

Adapun jenis kegiatan usaha yang sedang berjalan saat ini, yaitu Unit Usaha Kapal Motor 3.GT yang melayani jasa pengangkutan hasil perkebunan masyarakat Desa Teluk Tuasan dan sekitarnya serta jasa angkutan barang. Kemudian, Unit Usaha Depot Air Minum (Prima Water) yang mengolah air minum siap konsumsi untuk masyarakat Desa Teluk Tuasan dan sekitarnya.

Sedangkan kegiatan usaha yang rencananya akan dikembangkan, yakni Unit Usaha Pengadaan Peralatan Pertanian yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat terutama petani, seperti penjualan berbagai racun rumput, tabung semprot dan pupuk tanaman.

Sementara susunan organisasi pengelola yang ditetapkan melalui Keputusan Kepala Desa, terdiri dari Komisaris/Penasehat Talahah, Direktur Medi Wendri, Sekretaris Suhaili dan Bendahara Halilurrahman, Kepala Unit Usaha Kapal Motor 3.GT Khairudin, Kepala Unit Usaha Depot Air Minum Bahtiar, Anggota Abd Rahman dan Jefri, serta Ketua Dewan Pengawas Zulyadi, Wakil Ketua H Said Mukhtar dan Sekretaris Widia Astuti.

Untuk diketahui, potensi ekonomi yang menjadi penghasilan utama masyarakat Desa Teluk Tuasan, diantaranya Kelapa Lokal, Pinang dan Sagu.(fm)

Pengurus BumDes Tunas Jaya saat berfoto bersama


Video