Riau

Agar Mudah Ditemukan, DPAD Inhil Beri Pembinaan Arsip di Kecamatan

Tim dari DPAD Inhil saat memberikan pembinaan dan penataan kearsipan

RIAUPEDIA.COM - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) memberikan pembinaan dan penataan kearsipan di Kecamatan Tempuling dan Kecamatan Batang Tuaka.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Camat masing-masing ini bertujuan untuk melakukan penataan terkait tata Tata Naskah Dinas (TND) serta Kode Klasifikasi Kearsipan di lingkungan pemerintahan setempat.

Pada kesempatan tersebut, Kepala DPAD Inhil Ir H T Eddy Efrizal MP melalui timnya melakukan pembelajaran tentang Arsip Aktif dan Non Aktif serta cara menyusun arsip yang baik seperti penyimpanan arsip sistem Abjad supaya memudahkan dalam menemukan sebuah arsip.

Loading...

Kemudian, tim DPAD Inhil juga menjelaskan tata cara sistem penyampaian arsip secara Abjad yaitu Sistem Abjad cara Murni, Sistem Abjad menggunakan Primer dan Sekunder serta Sistem Abjad bagian-bagian yang ada.

Camat Tempuling melalui Sekcam Hendri Yanto SE menyatakan menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh DPAD Inhil dan berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilakukan lebih sering di kecamatan.

"Kantor kami masih dalam tahap belajar menata arsip dan belum memiliki buku tentang klasifikasi arsip serta Tata Naskah Dinas sehingga pembinaan seperti ini sangat kami perlukan," ungkap Hendri Yanto.

Sementara itu, Camat Batang Tuaka melalui Sekcam Fitrianto S.Kom Mars mengaku jika pembinaan yang diberikan oleh DPAD Inhil sangat penting dilakukan di tiap-tiap OPD dan kecamatan.

Hal tersebut dikarenakan masih banyak arsip di kecamatan yang disimpan menggunakan metode dan cara-cara lama sehingga kadang sulit ditemukan saat dibutuhkan.

"Kami harap kegiatan pembinaan ini juga bisa merambah sampai ke desa-desa agar bisa ditata arsip dengan baik dan benar," kata Fitrianto.


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video