News

Rahmi Indrasuri Buka Secara Resmi Pertemuan Peningkatan Kapasitas Petugas Surveilans

Rahmi Indrasuri Buka Secara Resmi Pertemuan Peningkatan Kapasitas Petugas Surveilans

Indragiri Hilir - Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir menggelar pertemuan peningkatan kapasitas bagi petugas surveilans/pengelola data di puskesmas dalam rangka pelacakan KLB, Senin 21 Agustus 2023.

Bertempat di Hotel Harmoni, Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) pertemuan tersebut dibuka secara resmi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Rahmi Indrasuri, SKM, MKL.

Hadir dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Sub Koordinator Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir dan perwakilan Puskemas se Kabupaten Indragiri Hilir.

Loading...

Ketua Panitia Devi Natalia, SKM, MH dalam laporannya menyampikan Peserta berjumlah 60 orang dari Pj Program Puskemas se Kabupaten Indragiri Hilir, kegiatan pertemuan ini dimulai 21-23 Agustus 2023, dengan narasumber dari Kementrian Republik Indonesia dan dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Rahmi Indrasuri, SKM, M.KL dalam sambutannya menyampikan bahwa sistem kewaspadaan dini dan respons, perannya sangat penting dalam mendeteksi adanya ancaman penyakit potensial KLB / wabah baik di tingkat nasional, kabupaten dan puskesmas.

"Kejadian KLB perlu dideteksi secara dini dengan tindakan yang cepat dan tepat, maka kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan KLB perlu ditingkatkan," ucap Rahmi.

Dijelaskan Rahmi, Selain itu SKDR juga bermanfaat untuk mengevaluasi kegiatan program pencegahan dan pengendalian penyakit. Diungkapnya, bila penyakit potensial KLB semakin meningkat dan KLB suatu penyakit juga bertambah maka ini merupakan suatu indikasi bahwa program pencegahan dan pengendalian penyakit menular potensial KLB belum berjalan optimal.

Dengan diadakannya pertemuan ini ia berharap, agar kegiatan sistem kewaspadaan dini dan respons dapat berjalan secara optimal dalam Upaya mendeteksi dan merespons KLB/wabah di Indonesia.(adv)


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video