Riau

Masakan Khas Melayu Inhil Ikan Pari Asam Pedas, Wajib Anda Coba

Asam pedas ikan pari.

INDRAGIRI HILIR - Asam pedas pari merupakan salah satu kuliner khas malayu yang sagat popular di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Dagingnya yang bertekstur halus dengan tulangnya yang tidak tajam dan sangat mudah dipisahkan dari daging ikannya ditambah lagi dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, serai, cabe dan asam jawa menjadikan masakan Ikan Pari Asam Pedas ini semakin menari-nari di lidah. 12/07/23

Tentunya rasany yang lezat dan nikmatii menjadikan kuliner ini sebuah menu yang legend dikalangan masyarakat melayu pesisir sungai Indragirigiri.

Loading...


Jika Anda berkunjung di Kota Tembilahan – Ibu Kota Kabupaten Inhil, beberapa rumah makan dan restoran menyedikan menu tersebut dengan harga yang sangat terjangkau.

Memang untuk memasak ikan pari kita harus berani untuk "bermain" dengan bumbu-bumbu yang cukup banyak supaya rasa amisnya hilang dan aroma bumbunya keluar sehingga enak untuk disantap apalagi dengan nasi yang masih berasap.

 Walaupun sebenarnya bau amisnya juga tidaklah terlalu menyengat bahkan boleh dibilang daging ikan pari ini terasa agak sedikit hambar jika dibandingkan dengan ikan jenis lainnya sehingga diperlukan bumbu-bumbu yang sedikit asin, asam dan pedas untuk menghilangkan rasa hambarnya tadi.

Kalau Anda belum pernah mencoba masakan ini, sulit untuk menggambarkan bagaimana rasa enaknya. Berikut resep memasak ikan pari asam pedas.

Bahan:

500 gr Ikan Pari

2 buah jeruk nipis

Bumbu utuh:

3 lembar daun salam

4 lembar daun jeruk

2 buah tomat muda

1 batang serai

1 lembar daun kunyit

5 buah asam belimbing

garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya

Bumbu halus:

10 buah cabai merah

3 buah cabai rawit

4 siung bawang putih

7 siung bawang merah

3 butir kemiri

2 cm jahe

2 cm lengkuas

1 cm kunyit

Air Asam jawa secukupnya

Cara Memasak:

1.    Potong-potong ikan dan lumuri dengan jeruk nipis.

2.    Panaskan minyak secukupnya. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bumbu utuh dan masak hingga bumbu matang.

3.    Bilas ikan baung dengan air bersih, tiriskan. Potong-potong tomat, memarkan serai, sobek daun kunyit. Masukkan ke dalam bumbu, aduk rata dan masak hingga ikan mulai berubah warna.

4.    Tuang air secukupnya hingga ikan tenggelam. Masak agak lama hingga ikan matang. Masukkan garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya.

5.    Tes rasa, jika sudah pas, angkat. (Adv) 


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video