News

Jangkau Daerah Terpencil, Dinkes Inhil Laksanakan Pelayanan Kesehatan Bergerak di Desa Tokolan

Jangkau Daerah Terpencil, Dinkes Inhil Laksanakan Pelayanan Kesehatan Bergerak di Desa Tokolan

Indragiri Hilir - Dalam rangka peningkatan akses pelayanan kesehatan di daerah terpencil, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir mengadakan pelayanan Kesehatan bergerak di Desa Tokolan, Kecamatan Mandah.

Bertempat di Unit Pelayanan Terpadu Puskesmas Batang Tumu, ikut serta dalam pemberian pelayan kesehatan bergerak IDI cabang Kabupaten Indragiri Hilir dan sejumlah tenaga kesehatan dari Dinkes Inhil.

Pelayanan yang diberikan diantaranya pengobatan penyakit dalam, saraf, mata, pemeriksaan kandungan dan anak Bagi masyarakat yang ingin berobat cukup membawa identitas, seperti KTP dan Kartu Keluarga.

Loading...

Pelayanan Kesehatan Bergerak sebagai salah satu upaya memberikan pelayanan kesehatan yang merujuk pada daerah terpencil dan sangat terpencil, ada beberapa daerah sangat terpencil yang ada di Kab. Indragiri Hilir salah satunya desa Batang Tumu Kecamatan Mandah.

Perlu diketahui Kecamatan Mandah memiliki 16 (Enam Belas) Desa yang salah satunya adalah Desa Batang Tumu. Melaluli Sosialisai dan Advokasi berbagai upaya dan persiapan perlu dilakukan agar pemberian Layanan Kesehatan dalam kegiatan PKB (Pelayanan Kesehatan Bergerak) dapat menyeluruh diberikan kepada masyarakat.

Adapun sosialisasi yang dilakukan adalah menyusun teknis kegiatan berbagai persiapan seperti obat-obatan, sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam melaksanakan kegiatan PKB.

Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) menjadi salah satu kegiatan prioritas yang digagaskan pemerintah dalam meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang sulit menjangkau fasilitas kesehatan karena masalah geografis. Oleh sebab itu perlu dilakukan tata kelola pelayanan kesehatan bergerak yang baik, diawali dengan perencanaan, pelaksanaan dan monitoring serta evaluasi kegiatan.(adv)


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video