Riau

Lempeng Pisang Makanan Khas Banjar yang Digemari Masyarakat Tembilahan

Lempeng pisang.

INDRAGIRI HILIR - Lempeng pisang merupakan salah satu kue tradisional khas Banjar. Cemilan ini sangat banyak dan mudah didapat di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Sebab, penduduknya dipadati oleh masyarakat Suku Banjar.

Diketahuinya, tekstur kue yang kenyal ini dipadu rasa pisang yang dominan, membuat makanan ini tak mudah sepi dari peminatnya.

Bagi kamu yang belum pernah mencobanya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Bahan dan cara membuatnya mudah banget, ini dia resepnya!

Loading...

Siapkan dulu bahan-bahannya, yakni; 350 gram pisang yang sudah matang, 200 gram tepung terigu, 50 gram tepung maizena, 60 gram gula pasir, 350 ml air putih, 1/2 sdt garam, dan Margarin secukupnya.

Semua jenis pisang bisa digunakan untuk membuat resep ini, namun yang umum dipakai adalah pisang kepok. Jangan ragu untuk menggunakan pisang yang terlalu matang karena semakin matang semakin sempurna pula cita rasanya.

Selanjutnya kupas pisang, lalu sisakan beberapa buah yang nantinya akan dipakai sebagai topping. Masukkan pisang ke dalam wadah. Bubuhkan gula dan garam. Lumatkan hingga halus. Campurkan tepung terigu, maizena, dan air putih. Aduk hingga merata.

Lalu siapkan teflon, beri satu sendok makan margarin, lalu panaskan dengan api kecil. Lalu, tuangkan sebagian adonan ke dalamnya. Pastikan adonan merata. Berikan irisan pisang sebagai topping di atasnya. Bolak balik hingga adonan berwarna cokelat, angkat. Ulangi langkah yang sama dengan menggunakan teflon ukuran kecil. (Adv) 


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video