News

Festival Budaya Pengantin Sahur Desa Pulau Palas Tradisi Unik Sejak Tahun 1960 an

Festival Budaya Pengantin Sahur Desa Pulau Palas Tradisi Unik Sejak Tahun 1960 an

Riaupedia.com, Indragiri Hilir - Meriahnya Festival Budaya Bagarakan Pengantin Sahur di Desa Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, diperkirakan dihadiri ribuan pengunjung dari berbagai daerah yang ingin melihat langsung keunikan festival budaya yang hanya ada pada bulan Ramadhan tersebut, Minggu 31 Maret 2024.

Festival Budaya Bagarakan Pengantin Sahur yang di pusatkan di Halaman Paud Al Falah, di jalan Merdeka Desa Pulau Palas ini, terlihat dipadati ribuan pengunjung, yang sudah datang sejak pukul 23.00 wib.

Festival budaya pengantin sahur ditambah meriah dengan arak-arakan pawai dari masing - masing dusun dengan kerlap kerlip lampu dan obor dengan diiringi musik bernafaskan islami.

Loading...

Ketua Panitia Festival Budaya Bagarakan Pengantin Sahur Desa Pulau Palas, Tengku Said Basirun menjelaskan pergelaran pengantin sahur sudah terlaksana sejaka tahun 1960 an.

"Pengantin sahur ini berjalannya sudah sangat lama, sekitar tahun 1960 an sudah terlaksana, tetapi pada waktu itu masih tradisional dengan berjalan kaki dan membawa lampu obor saja,
Tidak seperti sekarang ini, perkembangan semakin maju maka timbullah pengantin itu arak-arakan dengan mengunakan sound-sound besar," jelas Tengku.

Namun, tanpa mengesampingkan perkembangan zaman panitia tetap memperlombakan dua versi, modern dan tradisional dengan juri yang kompeten dan independen.

"Sekarang ini kita punya dua versi pertandingan yang lama dan yang baru kita angkat. Untuk peserta tahun ini sangat luarbiasa dengan diikuti 5 Dusun dengan total peserta 15 pasang pengantin sahur," ujarnya.

Ketua DPRD Inhil, H Ferryandi saat diwawancarai awak media mengatakan sangat takjub dengan antusias masyarakat yang ingin melihat langsung festival budaya yang hanya dimiliki Desa Pulau Palas dan Desa Sungai Luar.

"Ini merupakan khasanah budaya yang hanya dimiliki oleh masyarakat Desa Pulau Palas dan masyarakat Desa Sungai Luar. Mudah-mudahan kegitan ini bisa menjadi agenda wisata di Provinsi Riau," harap Ketua DPRD Inhil H Ferryandi.(adv)


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video