News

Dinkes Gelar Rakor Bersama OPD Terkait Bahas Kesehatan Jiwa Masyarakat

Dinkes Gelar Rakor Bersama OPD Terkait Bahas Kesehatan Jiwa Masyarakat

Tembilahan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhil menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tentang kesehatan jiwa masyarakat dan penyampaian surat keputusan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM), Selasa (22/08/2023).

Bertempat disalah satu Hotel yang ada di Tembilahan, Rakor ini secara resmi dibuka oleh Bupati Inhil H. Muhammad Wardan yang diwakili Asisten I Setdakab Inhil H. Tantawi Jauhari.

Dalam laporan yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Rahmi Indrasuri mengatakan, Rakor dan pembentukan TPKJM bertujuan untuk meningkatkan peran Dinas, Instansi, Lembaga dalam menghadapi masalah kesehatan jiwa masyarakat.

Loading...

Peserta Rakor ini sebanyak 80 Orang terdiri dari OPD/Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Inhil dengan salah satu Narasumbernya dari Dinkes Provinsi Riau.

Sementara Bupati Inhil H. Muhammad Wardan dalam sambutannya yang disampaikan Asisten I H. Tantawi Jauhari mengatakan, masalah kesehatan jiwa di Kabupaten Inhil cukup kompleks serta perlu ditangani, dicegah dan dikendalikan.

Dijelaskannya, berdasarkan data Dinkes, di Kabupaten Inhil, jumlah orang dengan gangguan jiwa berat (ODGJ Berat) sebanyak 1.041 orang dan jumlah orang dengan masalah kejiwaan (ODMK) sebanyak 1.109 orang, tentu saja hal tersebut sangat memprihatinkan, terangnya

Untuk itu, melalui kesempatan Rakor yang dilaksanakan ini, Bupati berharap dapat membentuk persepsi yang sama, sinergi yang kuat, dan kerjasama yang baik dalam upaya mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan jiwa masyarakat sehingga kasus ODGJ dan ODMK di Inhil semakin menurun, tutup Bupati.(adv).


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video