Riau

Pari Asam Pedas Sangat Lekat Dikalangan Suku Melayu Inhil

Asam pedas pari.

TEMBILAHAN - Asam pedas pari merupakan salah satu kuliner khas malayu yang sagat populer di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Dagingnya yang bertekstur halus dengan tulangnya yang tidak tajam dan sangat mudah dipisahkan dari daging ikannya ditambah lagi dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, serai, cabe dan asam jawa menjadikan masakan Ikan Pari Asam Pedas ini semakin menarik-nari di lidah.

Tentunya rasanya yang lezat dan nikmati menjadikan kuliner ini sebuah menu yang legenda dikalangan masyarakat melayu pesisir sungai Indragiri.

Loading...

Jika Anda berkunjung di Kota Tembilahan – Ibu Kota Kabupaten Inhil, beberapa rumah makan dan restoran menyedikan menu tersebut dengan harga yang sangat terjangkau.

Memang untuk memasak ikan pari kita harus berani untuk "bermain" dengan bumbu-bumbu yang cukup banyak supaya rasa amisnya hilang dan aroma bumbunya keluar sehingga enak untuk disantap apalagi dengan nasi yang masih berasap.

Walaupun sebenarnya bau amisnya juga tidak terlalu menyengat bahkan boleh Dikatakan daging ikan pari ini terasa agak sedikit hambar jika dibandingkan dengan ikan jenis lainnya sehingga diperlukan bumbu-bumbu yang sedikit asin, asam dan pedas untuk menghilangkan rasa hambarnya tadi. (Adv) 


Loading...







Tulis Komentar

Loading...
Video