Galeri Foto

Maksimalkan Potensi, BumDes Sumber Rezeki Desa Sungai Ara Sudah Miliki Lima Jenis Usaha

INDRAGIRI HILIR - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki desa melalui penyertaan modal langsung yang berasal dari kekayaan desa, yang bertujuan sebagai kekuatan yang akan bisa mendorong terciptanya peningkatan kesejahteraan dengan cara menciptakan produktifitas ekonomi bagi desa dengan berdasar pada ragam potensi desa.


Seperti keberadaan BUMDes Sumber Rezeki Desa Sungai Ara, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dengan visi dan misinya meningkatkan perekonomian desa serta meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi desaa.


Tujuannya, mendorong usaha kecil kreatif dan usaha rumah tangga untuk berkembang dengan dukungan pembiayaan modal, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam kegiatan unit usaha BUMDes melalui kerjasama, serta meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Desa melalui kegiatan usaha BUMDes.


Adapun jenis kegiatan usaha yang sedang dijalankan oleh BUMDes Sumber Rezeki Desa Sungai Ara saat ini, yaitu Unit Simpan Pinjam, Unit Sewa Barang (Tenda, Pentas dan Molen), Unit Dagang dan Jasa Alat-alat Bangunan, serta BRILink.


Sedangkan kegiatan usaha yang rencananya akan dikembangkan di desa tersebut, diantaranya Taman Hiburan.
Untuk susunan organisasi pengelola berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa Nomor 64 Tanggal 03 Agustus 2017 tentang Penetapan Pengurus BUMDes Sumber Rezeki Desa Sungai Ara, yakni Komisaris/Penasehat H Fauzi, Ketua Dewan Pengawas Kasirun dan Wakil Ketua Evi Erdianto, Direktur Hery As’ad dan Bendahara Vivi Yulisda, Kepala Unit Usaha Simpan Pinjam Muhammad Ridwan dan Bendahara/Kasir Siti Tasrifah, serta Kepala Unit Usaha Sewa Barang Arian.

 

Pengurus BumDes Sumber Rezeki Desa Sungai Ara saat melaksanakan rapat.

BumDes Sumber Rezeki Desa Sungai Ara terus melakukan evaluasi.


Video