Galeri Foto

Perwakilan Diskop dan UKM Inhil Hadiri RAT KSPPS BMT Al Barakah Unisi

RIAUPEDIA.COM - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop dan UKM) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Ir H Illyanto MT diwakili Kepala Seksi (Kasi) Penerapan Peraturan dan Sanksi Drs Syamsir MSi menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari'ah (KSPPS) BMT Al Barakah Universitas Islam Indragiri (Unisi), Selasa 19 April 2022.

RAT untuk tahun buku 2019, 2020 dan 2021 yang digelar di Aula Kampus Unisi Parit 1 Tembilahan Hulu ini mengusung tema "Digitalisasi koperasi, sejahtera anggota, berkah dalam harta".

Pada kesempatan tersebut, Kepala Diskop dan UKM Inhil melalui Kasi Penerapan Peraturan dan Sanksi Syamsir menyampaikan bahwa BMT Al Barakah Unisi merupakan BMT yang bisa dikatakan cepat dalam pencapaiannya.

"Meskipun baru berumur beberapa tahun saja, namun sudah berani melakukan RAT. Ini adalah pencapaian luar biasa," ujarnya.

Pencapaian tersebut, lanjut Syamsir, tentunya atas dukungan dan kerjasama dari seluruh pengurus dan karyawan BMT Al Barakah, yang proaktif dengan semangat dan penuh amanah dalam menjalankan tugas.

"BMT Al  Barakah Unisi didirikan dengan tujuan mensosialisasikan transaksi-transaksi secara syariah, sebagai bentuk jihad bil amwal dan membantu masyarakat dalam layanan permodalan secara syariah, dalam upaya pemberdayaan kepada usaha mikro agar terhindar dari transaksi yang riba," terangnya.

Untuk itu, ia memberikan pujian dengan mengatakan bahwa BMT Al Barakah Unisi adalah BMT serasa Bank, karena sudah mampu memberikan pelayanan mobile, yakni fasilitas layanan transaksi yang dapat diakses oleh anggota via semartphone, dengan menggunakan Media Jaringan Internet.

"Ini merupakah langkah transparansi dan akuntabilitas, sehingga nasabah bisa mengontrol sendiri saldonya masing-masing," tambah Syamsir.

Kendati perjuangan suatu usaha memiliki kendalanya masing-masing dan naik turun, namun kendala tersebut hendaknya dijadikan sebagai pelajaran untuk lebih maju kedepannya.

"Dalam pengelolaan Koperasi yang baru seumur Jagung ini, tentu perlu pemahaman dan pengawasan, sehingga koperasi ini lebih terakomodir," pesannya.

Terakhir Syamsir berharap agar KSPPS BMT Al Barakah Unisi dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat terutama kesejahteraan para anggota.

"Dinas Koperasi Kabupaten Indragiri Hilir akan berkerjasama memberikan bimbingan. Insha Allah, kami akan memberikan informasi dan pemahaman mengenai bagaimana peraturan dan sanksi dalam koperasi, sehingga masyarakat dan anggota tidak ragu untuk ikut serta berkoperasi khususnya di BMT Al Barakah Unisi," imbuhnya.

Pelaksaan RAT KSPPS BMT Al Barakah Unisi dimulai

Kasi Penerapan Peraturan dan Sanksi Drs Syamsir MSi menyampaikan sambutan Kepala Diskop dan UKM Inhil

Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan laporannya

Kasi Penerapan Peraturan dan Sanksi Diskop dan UKM Inhil, Drs Syamsir MSi memberikan masukan kepada peserta RAT

Suasana saat kegiatan sedang berlangsung

Foto bersama usai kegiatan


Video